Regenerasi yang terus-menerus

ini merupakan pendapat pribadi, banyak yang bekerja di suatu apapun bentuknya pasti mempunyai seorang pemimpin, memang sudah sunnatullah.
yang saya soroti di sini (dan merupakan pengalaman pribadi) adalah seorang pemimpin muda sekitar 25-40 yang masih energik, cekatan, daya pikir cepat, pintar mengambil keputusan. di tempat saya bekerja pun baru kali ini pemimpin (wakasek) saya seorang yang masih muda 30 tahun ke ataslah, dan ada dua wakasek muda yang siap tampil. ya seharusnya seperti inilah regenerasi, yang muda jadi pemimpin ketika masuk umur 40-50 berganti pemimpin. yang tua gimana? jadi penasihatlah, ada masa seseorang harus mendengarkan dan ada masa pula seseorang menjadi didengarkan. ketika keseimbangan itu terjadi maka ga ada itu istilahnya gila jabatan. dalam qur’an disebutkan ketika umur 40 tahun, beginilah doanya

…apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo’a: “Ya ROBB-ku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni’mat ENGKAU yang telah ENGKAU berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shalih yang ENGKAU ridho’i; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada ENGKAU dan sesungguhnya aku termasuk orang2 yang berserah diri”. (QS. Al-Ahqaf: 15).

seperti itulah seharusnya kehidupan seorang muslim. karena hidup cuma sekali dan jabatan itu akan terus bergulir. sebaik-baiknya manusia hanya akan meninggalkan nama baik. kita patut belajar dari Rosulullah dan telah disebutkan dalam qur’an secara gamblang.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rosulullah itu suri tauladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al Ahzab : 21)
wallahu’alam bi shawab
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s