Backup Data di IGN D9.1 tanpa HDD Eksternal

Kisah curcolnya sebagai berikut
Berawal dari saya mendapat notifikasi facebook bahwa saya ditag facebook oleh murid saya, membawa saya ke tkp ternyata di sana ada pertanyaan tentang partisi. Saya ikut komentar karena menurut saya pertanyaan tersebut sangat sederhana. Tetapi diluar dugaan ternyata pertanyaan tersebut juga dijawab oleh pak Nana Suryana dan mas Surya Handhika Putratama, karena para IGN-dev turun gunung, kesempatan saya menyimak dengan baik. Dari hasil jawaban para IGN-dev, ternyata partisi di netbook saya tidak rapi, tetapi saya menanyakan ke pak Nana semisal partisi netbook saya tidak rapi apakah tidak menjadi permasalahan? dan jawaban beliau, “partisi extended yg berada di tengah sering membuat repot.” Berikut skema partisi yang rapi, berdasarkan contoh dari beliau.

13-posisi-akhir

Akhirnya saya terpaksa merapikan partisi di netbook dan membongkar semua partisi tetapi yang kemudian jadi pertanyaan, bagaimana memindahkan data saya tanpa memakai harddisk eksternal? Setelah memutar otak, alhamdulillah saya ketemu solusinya. Di sini saya menggunakan IGN-D9.1 secara liveusb.

Gambar-Layar--dev-sda - GParted Partisi awal di netbook saya seperti gambar di atas, data saya terdapat di partisi /dev/sda4. Sebelum menghapus, saya menghitung jumlah total dari partisi /dev/sda1, /dev/sda2, /dev/sda3 (extended), /dev/sda5 dan /dev/sda6 dan alhamdulillah lebih besar jumlahnya dari /dev/sda4. Terpaksa saya menghapus dan menjadikan menjadi satu partisi menjadi /dev/sda1. Karena partisi /dev/sda1 s.d /dev/sda3, /dev/sda5 dan /dev/sda6 adalah partisi sistem operasi.

Perhatian :

Jika jumlah total dari partisi /dev/sda1 s.d /dev/sda3, /dev/sda5 dan /dev/sda6 lebih kecil dari partisi /dev/sda4. Saya terpaksa menggunakan harddisk eksternal untuk keperluan backup data.

Saya menggunakan gparted (bawaan dari IGOS Nusantara) untuk menghapus dan menggabung partisi /dev/sda1, /dev/sda2, /dev/sda3 (extended), /dev/sda5 dan /dev/sda6. (Lihat gambar bawah)

Gambar-Layar-Buat Partisi Baru

Oh ya di sini saya sengaja membuat gabungan partisi tadi menjadi filesystem ext4. Mengapa? Inshaa Allah kalau sudah ketemu jawabannya akan saya posting di blog. Berikut hasilnya,

Gambar-Layar--dev-sda - GParted-1

Dari gambar di atas, terdapat dua partisi yaitu /dev/sda1 dan /dev/sda4. Setelah selesai tutup gparted. Sebenarnya cukup di klik saja akan otomatis termount tetapi yang jadi masalah adalah partisi ext4 tidak dapat ditulisi (cuma baca saja). Terpaksa saya membuka terminal dan memberikan perintah berikut :

  • sudo fdisk -l
  • sudo mkdir /media/BACKUP => untuk me-mount partisi ext4
  • sudo mkdir /media/DATA => untuk me-mount partisi ntfs
  • sudo mount /dev/sda1 /media/BACKUP
  • sudo chmod 777 /media/BACKUP
  • sudo mount /dev/sda4 /media/DATA

Selesai, langsung saya backup saja data dari /media/DATA ke /media/BACKUP. Selesai? Belum, kan Sistem Operasinya terhapus. Lalu caranya?
Setelah selesai membackup data, saya membuka gparted kembali dan menghapus /dev/sda4 untuk kemudian saya jadikan partisi extended. “Kalau dijadikan partisi primary?” Silakan saja karena maksimal partisi primary yang diijinkan hanya empat (CMIIW). Struktur partisi terakhir+terinstal sistem operasinya menjadi seperti gambar di bawah ini,

Gambar-Layar--dev-sda - GParted

Bagaimana cara menginstal IGOS Nusantara nya? Silakan googling atau bisa baca di sini. Kesimpulan? Semua masalah ada jalan keluarnya dan menggunakan Linux adalah sebuah alat/tool bantu untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan komputer. Salam kebangkitan 😀

Gambar diambil dari repo.informatika.lipi.go.id dan screenshot sendiri.

2 thoughts on “Backup Data di IGN D9.1 tanpa HDD Eksternal

Leave a Reply

