Update : X

X adalah simbol angka 10 dalam Romawi Kuno
Tulisan ini hanya untuk memberikan kabar gembira bagi rakyat Indonesia dirilisnya dua distro besar karya anak bangsa dalam waktu tidak begitu lama dan pengembangan selanjutnya.
Di mulai dari
1. BlankOn 9 “Suroboyo”, dirilis tanggal 15 Pebruari 2014. Dengan fitur antara lain :

  • Manokwari
    destop yang dikembangkan oleh pengembang BlankOn dengan teknologi HTML5 dan CSS3.
  • Destop Kontekstual
    Destop dinamis yang sesuai dengan perubahan waktu
  • Warsi (Warung Aplikasi)
  • Geo.BlankOn
    kegiatan gotong royong digital untuk mengembangkan gugus perangkat lunak dan data geospasial yang dibuat untuk mendukung beragam platform komputer.
  • Maleo
    membuat BlankOn bisa menjalankan aplikasi berbasis HTML5 di destop.

Screenshotnya :
manokwari
Setelah beberapa minggu BlankOn 9 Suroboyo dirilis, muncul wacana dari Direktur Eksekutif BlankOn, pak Mohammad Dhani tentang fitur yang ingin diliat dari BlankOn X.
1669921_10202044823421311_673276182_o
Kemudian beberapa saat kemudian muncullah kode nama untuk BlankOn X yaitu Tambora yang diusulkan oleh pak Rahman Yusri Aftian. Siaran pers nya bisa baca

Pendaftaran menjadi pengembang silakan lihat di sini. Agar lebih mendalami tentang BlankOn, silakan baca Misi nya. Daftar koordinator Tim BlankOn X Tambora bisa dibaca di sini. Mari kita tunggu kabar selanjutnya 😀

2. IGOS Nusantara D9.1 (penyempurnaan dari D9.0) dirilis tanggal 27 Pebruari 2014, berikut sedikit catatan rilisnya (diambil dari websitenya) :

“IGOS Nusantara Desktop versi 9.1 final atau IGN D9.1 saat ini telah tersedia. Pengembangan IGN D9.1 perlu waktu hampir satu tahun  empat bulan. Penomoran versi sembilan ini memakai tambahan huruf “D” untuk menandakan versi Desktop. IGN D9.1 memiliki tanggal rilis seperti IGN 8.1. IGN 8.1 rilis 27 Pebruari 2013 dan IGN D9.1 rilis tanggal 27 Pebruari 2014.”

Dapat diunduh di sini. Selang beberapa hari kemudian muncul konsep icon folder baru yang dirilis oleh mas Radite Putut. Berikut screenshot nya :


Di mana kata “X” sudah muncul ketika rilis IGOS Nusantara 8. Untuk siaran pers nya belum saya temukan, tetapi tanggal kemunculan kode IGX bisa baca di mari.

Kesimpulannya :
Sebuah kabar yang membanggakan ditengah beberapa masalah dalam negeri tetapi perkembangan open source di Indonesia tidak kalah dengan internasional. Mari kita bantu mereka dengan apa yang kita bisa berikan kepada kedua distro di atas. Baik lewat dana, tenaga, pikiran untuk lebih baik lagi. Bravo untuk para pengembang !!! CMIIW

beberapa link :

Advertisements

2 thoughts on “Update : X

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s