Karya Inkscape Anak Didik Saya

Sebenarnya tidak sulit untuk membuat para siswa-siswi SMK untuk menggunakan software open source, dalam contoh ini saya memaksa mereka untuk menggunakan Inkscape. Agar mereka paham tentang software alternatif selain Adobe, Corel dkk.

Kebetulan jurusan tersebut adalah Multimedia dan saya menggunakan waktu satu bulan untuk memberikan materi grafis pengolah vektor pada mata pelajaran Pengelolaan Sistem Informasi. Mengutip sedikit trik dari pak Tri Sapto Aji selaku penulis kolom Inkscape di Majalah Info Linux. Dan akhir bulan ini, saya mengadakan ulangan dan inilah beberapa finalisnya (menurut saya) :
5. Mufti
mufti
4. Zulaikhah
zulaikhah
3. Niswah
niswah
2. Royani
royani
1. Daut
daut
File svg kelima finalis bisa diunduh di sini, siapa tahu Anda (para guru TIK dan sebangsanya) mau mencoba/berlatih/memamerkan contoh tersebut kepada siswa-siswi Anda dan mengajak mereka menggunakan Inkscape. Salam Open Source 😀

Catatan :

  1. Mereka masih menggunakan windows dalam pengerjaannya karena tidak memungkinkan saya untuk menginstal linux mengingat lab. komputer digunakan banyak kelas.
  2. Sudah saya cek menggunakan Inkscape pada IGOS Nusantara 9.0
One thought on “Karya Inkscape Anak Didik Saya

Leave a Reply

