Cerita dari SMK Mikael

Ini hanya cerita masa lalu saya,
Kira-kira 10 tahun lalu dari tahun ini (2013), saya lulus dari SMP (setelah pengumuman diajak bapak untuk) mendaftar ke SMK Mikael Surakarta. Jalur yang ditempuh waktu itu hanya lewat tes tertulis, tidak seperti sekarang bisa lewat jalur prestasi (walaupun ada tes masuknya tetapi setidaknya ketika mereka belum lulus SMP sudah langsung keterima di SMK Mikael jika lolos). Saya cuma bisa pasrah karena nilai pas-pasan sewaktu SMP dan jika tidak keterima di SMK Mikael, saya mau didaftarkan di SMA Kristen I Surakarta (a.k.a Sidokare). Alhamdulillah, saya diterima padahal belajarnya juga pas-pasan, harap-harap cemas. Dan waktu itu cuma satu jurusan dan diambil 119 siswa.

Tahun Pertama

  • MOS gila selama 3 hari dan nginep di SMK Mikael selama satu hari membuat saya agak malas
  • Nilai praktek ngelas saya ambruk dan terpaksa mengejar nilai teori (padahal perbandingannya 70% praktek+30% teori) tapi akhirnya bisa naik kelas juga 😛
  • Feeling mengikir sudah terasah diakhir semester dua 😛

Tahun Kedua

  • Bermain dengan bubut, milling, scrap, gerinda
  • Mengenal sistem hutang jam praktek (jika merusakkan alat atau benda) dan harus menggantinya dengan lembur
  • Mulai gambar mesin sehabis pulang teori sekolah dan target selesai (minggu ke dua seminggu sebelum masuk bengkel)

Tahun Ketiga

  • Agak enak prakteknya
  • Masuk malam cuma 2 kali dalam satu tahun.

Kesimpulan :
Tidak ada hal yang istimewa selama saya sekolah di SMK Mikael, tidak seperti cerita adik kelas saya ini ataupun mungkin teman seangkatan saya yang sudah sukses (lulusan ATMI, sekarang Politeknik ATMI). Tapi saya bahagia karena hidayah Allah Ta’ala menjadikan saya menjadi mualaf ditengah komunitas non muslim.

Leave a Reply

