Bye Bye Windows!

1 Nopember 2013,
Saya ucapkan bye bye kekasih gelapku, dirimu hanya membuat aku merasa berdosa atas dosa yang tak terlihat dan terasa dalam hidupku…atas bayaranmu yang terlalu tinggi dan ku hanya bisa ngebon saja (alias mbajak).

Netbook Axioo Picolo,
Dulu netbook ini berisi dua sistem operasi, satu halal satu haram. Saat itu saya berpikir masih memerlukannya walaupun hanya untuk kebutuhan mendadak. Misalnya mengconvert jpg ke pdf (menggunakan foxit pdf), flash HH dan yang paling sering cuma nonton film. Walaupun terinstal windows tapi saya menggunakan seluruh software open source seperti Libre Office, Calibre, VLC, xchm, dan sebagainya.
Tetapi akhirnya saya beranikan hanya menginstal Linux untuk melakukan aktifitas yang memerlukan komputer, karena ada pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang” dan “jangan setengah-setengah dalam melakukan sebuah pekerjaan”. Akibat hal ini, saya kehilangan UI Modem Manager dari  ZTE yang berjalan baik di Windows (walaupun bisa diinstal di Linux tapi belum optimal) dan sudah pasti tidak bisa ngeflash HH lagi. Tak apalah semua masalah ada jalannya. Walau belum semua komputer/netbook (PC dan SMK Zyrex) yang saya pegang belum total bermigrasi tetapi minimal ada Linux di dalamnya.
Karena jujur lingkungan kerja (dunia pendidikan) belum mendukung dan kebanyakan dari mereka (guru-guru) berpikir Linux hanya untuk mengatur lalu lintas jaringan tetapi tidak di desktop dan yang paling parah adalah mereka tidak tahu apa itu Linux.
Kenapa migrasi?
Saya sedikit kepikiran dengan tulisan di blog / website pengusahamuslim.com, bahwa HaKI sudah ada sejak setelah Rosulullah wafat dan haram hukumnya jika kita memakai/menggunakan sesuatu yang tidak diridhai oleh pemiliknya dan ini mengingatkan saya dalam tiap doa (saya, setelah salat) untuk diberikan rejeki yang halal barokah (yang saya dapatkan lewat gaji dengan memanfaatkan sistem operasi dan software bajakan yang jelas haram hukumnya). Semoga jalan yang saya tempuh mendapatkan ridho Allah Ta’ala dan semakin lancar rejekinya amiin 🙂

Referensi :
HaKI Dalam Islam
Copyleft vs Copyright
Pentingnya Migrasi
Ustad Felixsiauw : Copyrights Dalam Islam

Advertisements

5 thoughts on “Bye Bye Windows!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s