Update : Flashing ROM Lenovo A390

Perhatian :
Berhubung banyak yang bertanya masalah-masalah yang diluar kemampuan saya untuk menjawab maka alangkah baiknya Anda membaca hal di bawah ini :
Bagi Anda yang mempunyai HH Leny A390 dan OS nya tidak bermasalah dimohon untuk tidak mengikuti langkah tutorial di bawah ini tanpa didampingi orang yang mahir. Bagi yang mau coba-coba dan OS nya tidak rusak (seperti saya) mohon dibaca lebih teliti karena apabila terjadi kerusakan yang silakan ditanggung sendiri. Dan bagi yang rusak OS nya tetapi masih bergaransi lebih bijak jika dibawa ke Service Center Lenovo di kota Anda masing-masing dan jika garansi sudah hilang maka dimohon Anda berkonsultasi lewat grup facebook Lenovo A390 atau lewat forum lain yang membahas HH Lenovo A390, terimakasih.

Berikut ini cara flash ROM Le A390 yang saya cuplik dari [OFFICIAL] LENOVO A390 INDONESIA silahkan join saja jika HH anda menggunakan Le A390 🙂
DO WITH YOUR OWN RISK!!

Bahan – Bahan :

1. SP Flashtools : http://lenovo-forums.ru/Files/OS/A390/SP_Flash_Tool_v3.1224.01.zip
2. Driver (Khusus varian Windows) : http://lenovo-forums.ru/Files/OS/A390/MTK65xx_Driver.zip
3. Stock ROM S315 : https://docs.google.com/file/d/0B8IaWha0l-oVUHZDQkNQOVpZTlk/edit (387 MB)

Langkah-langkahnya :
1. Extract semua bahan dalam foldernya masing-masing
NB : Setelah file Stock ROM nya diekstrak, file “checksum.ini” yg ada di folder extract-nya dihapus dulu baru lanjut ke proses selanjutnya
2. Tancapkan HH ke USB (ke Laptop/PC dan HH dalam keadaan OFF)
3. Install driver
4. Setelah instalasi driver selesai dan sudah terdeteksi, lepas HH dari USB
5. Buka “SP FlashTools”
6. Klik tombol “scatter-loading”
7. Pilih file “MT6577_Android_scatter_emmc.txt” di folder extract-an stock rom
8. Pastikan sudah TERCENTANG SEMUA (untuk USER YG BERPENGALAMAN boleh di kustomisasi sendiri centangannya sesuai kebutuhan)
9. Klik tombol “Download”
10. Tancapkan lagi HH ke USB (ke Laptop/PC dan HH masih dalam kondisi OFF)
11. Tunggu hingga proses selesai
12. Jika sudah keluar popup “lingkaran hijau (OK)” berarti proses flashing sudah berhasil dilakukan
13. Lepas HH dari USB, lalu di ON-kan dan tunggu hingga proses booting selesai
14. Selamat, HH anda sudah seperti baru lagi 😀

SELAMAT MENCOBA!!

Sebenarnya cara ini mirip dengan posting saya yang ini

Referensi S315 update OTA S316 (dengan beberapa gubahan yang diperlukan)
Referensi S312 update OTA S313

Update :
ROM Ori S312 Le A390 ini masih ada file checksum.ini (jadi dihapus dulu)

109 thoughts on “Update : Flashing ROM Lenovo A390

  1. permisi gan, leny ane tampilannya cuma sampe lenovo aja, sebelumnya ane masuk ke twrp terus nge-wipe ga sengaja/lupa semua ane wipe termasuk emmc sama sd card, skrg sama sekali ga bisa, coba di flash tapi di kompi ga ngedetect, mohon pencerahannya

  2. sory gan, mau tanya..
    ko setelah flashing rom suara lenovo ane ga keluar yaa ?
    mohon pencerahan nya gan..
    thanks,

    Reply ↓

    azolole
    on October 21, 2013 at 11:16 AM said:
    coba buat setel mp3 bisa keluar ga? kalo ga bisa, bisa jadi di hardwarenya…punya kakak ane juga gitu gan

    Reply ↓
    PUNYAKU JUGA GITU MAS,,
    tapi bukan hardwarenya
    nyalain mp3,nada dering dll
    gabisa bunyi
    tapi kalo buat radio
    bisa
    aneeehhhh

  3. gan mau nanya kalo ane kan mau flash lenovo A390. kerjaanya skrang stuck di SP flash tool ane udah coba pake SP flash tool yang lama sampe yang terbaru versinya tapi masih tetep sama aja hasilnya. stuck di Scatter loading… pas ane masukin file txt nya dia selalu muncul (XML ; Syntax error) kalo pakai SP Flash tool yang versi terbaru dia bisa nge load scatter semua keliatan cuma pas ane teken download, dia lama bnget ane tungguin ampe 30menitan langsung time out melulu. itu kenapa ya gan?? apa scatter file ane kurang cocok atau SP flash tool nya yang salah? atau malah HP nya yang error. haha jadi bingung sendiri ini. tolong whatsapp ane yak, atau sms : 081381065945

Leave a Reply

