Linux itu efisien

Kisah itu berawal kemarin malam (15 Mei 2013) saya mau mengetik dan mencetak Curriculum Vitae dengan printer Deskjet 3900 di rumah, saya agak kebingungan jika menggunakan Windows XP karena selain harus punya DVD Eksternal (kebetulan saya menggunakan netbook) untuk proses instalasi drivernya, kalaupun tidak saya harus download drivernya (padahal posisi di rumah pakai modem). Yah walau pun saya pinjam DVD Eksternal tempat kerja tetap saja hal ini akan memakan proses lama dalam instalasinya.

Yup untung saya punya Linux Live CD karena ada dua netbook, saya coba semuanya dengan satu Ubuntu 12.04 LTS Desktop MATE dan BlankOn Sajadah 6.1 Desktop GNOME 2.x. Hasilnya sangat berbeda, untuk printer di BlankOn Sajadah lebih cepat prosesnya daripada Ubuntu 12.04 LTS. Saya kurang tahu mengapa itu terjadi tapi menurut saya meninggalkan GNOME 2.x adalah hal yang sangat disayangkan. Karena saya sendiri kurang puas dengan GNOME 3.x

No Perkantoran Linux       Website
1 Printer Plug and Play       http://www.openprinting.org/drivers

Okeh akhirnya saya berhasil mengetik dan mencetak Curriculum Vitae menggunakan BlankOn Sajadah 6.1
Berikut Screenshotnya :

Image0347

Ini dia printer jadul yang wanteg (bahasa jawanya), saya beli tahun 2006 :v

Leave a Reply

