Solusi WebCam SMK Zyrex Terbalik

Setelah lama berpusing-pusing mencari solusi bagaimana membalikkan posisi webcam, akhirnya ketemu juga setelah bertanya ke sana kemari melewati ubuntu forumblankOn google group.
Kemarin setelah mencoba mencari libv4l melalui synaptic dan mengurutkan di mana letak instal file dan konfigurasinya akhirnya saya membuka file manual dari libv4l yang dapat ditemui di /usr/share/doc/libv4l-0/README.Debian (Ubuntu 12.04 LTS)
libv4l already takes care of some broken cameras by falling back to
the tinyjpeg decoder.

Lebih kurang intinya (menurut saya) bahwa libv4l sudah memperbaiki beberapa bugs jadi menurut saya tidak perlu untuk mendowngrade libv4l dan mengcompilenya secara manual (karena dulu saya pernah mencoba cara ini dan ternyata webcam SMK Zyrex sudah didukung waktu menambahkan ke dalam file v4l-utils-0.8.x/lib/libv4lconvert/control/libv4lcontrol.c)
Penampakan dari lsusb :
Bus 001 Device 003: ID 04f2:b071 Chicony Electronics Co., Ltd 2.0M UVC Webcam / CNF7129
Solusinya :
Sesuai dengan link ini post #259, buat file (di sini saya menggunakan cheese) cheese.sh kemudian isi dengan perintah berikut :

#!/bin/bash

export LIBV4LCONTROL_FLAGS=3

cheese

atau

#!/bin/bash

export LIBV4LCONTROL_FLAGS=3 && LD_PRELOAD=/usr/lib/libv4l/v4l1compat.so cheese

berikan perintah chmod +x kemudian copykan ke dalam /usr/bin. Karena saya menggunakan MATE maka tinggal edit menggunakan Main Menu perintah memanggil cheese dengan perintah /usr/bin/cheese.sh
Lakukan tes running

Update (01/04/2014) :

Solusi ini dapat diaplikasikan untuk Fedora dan turunannya, saya ujicoba menggunakan IGOS Nusantara berjalan lancar.

Sumber :

One thought on “Solusi WebCam SMK Zyrex Terbalik

Leave a Reply

