Rote di SMK Zyrex

Surakarta, dd mm yyyy

Sebenarnya sudah hampir 7 bulan setelah rilis BlankOn Rote yang dimulai dari tanggal 17 Agustus 2012 pas kemerdekaan NKRI ke 67. Di sini saya sebagai pemula pengguna BlankOn mencoba memberikan penilaian atas sistem ini bekerja di sebuah netbook SMK Zyrex dan penilaian ini tidak mutlak benar 100% karena belum tentu apa yang saya sampaikan di sini sama dengan Anda yang menginstal BlankOn Rote di mesin yang berbeda.
$uname -a
Linux zyrex 3.2.0-3-686-pae #1 SMP Mon Jul 23 03:50:34 UTC 2012 i686 GNU/Linux
$lsb_release -a
No LSB modules are available.
Distributor ID: Blankon
Description: BlankOn rote
Release: 8.0
Codename: rote

0. Proses instalasi Rote
Saat menginstal Rote, tidak ada kendala dalam arti sukses
1. Proses update
#apt-get update
#apt-get dist-upgrade
Terjadi perubahan pada manokwari yaitu lebih “cling” karena menggunakan efek shadow dan menghapus BlankOn Tutorial. Padahal dokumentasi ini juga penting mengingat ada kendala yang mungkin bisa diselesaikan lewat BlankOn Tutorial. Saya kurang tahu mengapa hal ini terjadi

Tentu sebagai Sistem Operasi tidak luput dari bug a.k.a kutu (yang bisa kita laporkan ke dev.blankonlinux.or.id), saya akan jelaskan kendala-kendala tersebut :
2. Kendala 1
Waktu itu terjadi blank wallpaper berwarna abu-abu, tidak dapat klik dengan mengetuk touchpad dan ikon pada panel atas rote tidak menampilkan status baterai. Solusinya dengan menghapus file user pada .config/dconf
perintahnya : $rm -f ~/.config/dconf/user
3. Kendala 2
Login (lightdm) hang ketika saya memasukkan password tetapi petunjuk mouse masih dapat berjalan. Solusi tekan CTRL+ALT+DEL untuk mengaktifkan kembali kursor pada box memasukkan password (pengalaman saya) jika hal tersebut tidak bisa maka matikan dengan cara menekan tombol power.
4. Kendala 1.1
Kenapa saya tulis 1.1? karena kendala ini muncul kembali ketika saya mencoba mengganti tampilan Manokwari.
Solusi, saya membuat perintah yang akan dijalankan ketika rote masuk tampilan desktop yang saya masukkan ke dalam Startup Application (OI – Preferences – Startup Application). Isinya :
Command : touch /home/nama_user_anda/kill.sh
Isi kill.sh :
#!/bin/bash
rm -f /home/nama_user_anda/.config/dconf/user
Hasilnya tidak selalu berhasil tetapi bisa saya terapkan dulu di IGN 8.1 #aneh
5. Kendala 3 (umum)
Kenapa umum? Karena ketika saya gunakan IGN 8.1 juga mengalami hal yang sama. Apa itu? Webcam yang terbalik, untuk solusi saya masih mencari-cari..insya Allah jika berhasil akan saya posting.
6. Kendala 4
Baterai icon tidak mau berubah sehingga kita tidak tahu kapan harus mengisi ulang baterai (charger)
7. Kendala 5
Compiz tidak berjalan tetapi waktu saya membaca artikel di Internet, memang compiz tidak support di Gnome 3 jadi menurut saya hal ini tidak bermasalah
8. Kendala 6
Setting tanggal dan jam, mungkin di internet ada tetapi saya belum mencari (terutama yang masih dual boot win-linux seperti saya pasti akan mengalami hal tersebut).
9. Kendala 7
Settingan touchpad kembali hilang dan wallpaper berubah ke wallpaper random baik ketika dilogout, restart dan shutdown #aneh
10. Kendala 8
Session dektop (icon gear atas kanan) pada menu login tidak dapat diganti selain mengarah ke BlankOn, BlankOn fallback dan Default Xsession
11. Kendala 9
Semua status baterai, mounting partisi akan muncul setelah di logout padahal untuk IGN 8.1 dulu hal ini tidak terjadi #aneh

Mungkin itulah beberapa kendala yang seharusnya terpacu bagi kita untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan ikut menjadi developer BlankOn…dan kendala di atas mutlak tidak sama dengan BlankOn di mesin yang lain atau bahkan di SMK Zyrex yang sama serinya sekalipun. Jadi kendala di atas adalah pengalaman saya menggunakan BlankOn Rote di SMK Zyrex pinjaman.
Saya sebenarnya takjub dengan Manokwari tetapi menurut saya, Manokwari butuh permutakhiran secara berkala (seperti launchpad) sehingga kendala-kendala di atas dapat dipangkas, barang kali Anda mau ikut membantu?
Manokwari dibangun di atas Gnome 3. Dan Gnome 3 yang menurut saya tidak semua PC/Laptop Jadul dapat menikmatinya sedangkan Gnome 2 sudah dihentikan (sebagai ganti gunakan MATE). Dibangunnya manokwari oleh developer BlankOn sangat membedakan dengan distro linux lainnya, jadi merupakan ciri khas sendiri (bahkan para bule-bule mencatatkan di blog mereka masing-masing) dan Anda akan bisa menikmati Gnome 3 walau PC/Laptop Anda jadul 🙂
Akhir cerita saya, mari jangan pantang menyerah menggunakan Linux terutama jika terdapat masalah dan jangan gampang pula untuk instal ulang jika terjadi masalah pada Linux Anda karena belum tentu semua masalah dapat diselesaikan dengan instal ulang :v serta jangan kapok pakai Linux lokal buatan bangsa. Bukan gengsi, cacian, hinaan untuk Linux Lokal tetapi yang diharapkan adalah cinta, usaha, dan kontribusi. Bangsa ini butuh kita sebagai penggerak bukan bangsa lain..maju terus Open Source di negara berkembang ini. Salam satu cinta untuk NKRI..merdeka!!!!!!!!!

Leave a Reply

